Selasa, 23 Januari 2018

Tidak Boleh Shalat Rawatib Berjamaah


​​​​​​ ​​​​​​
​​​​​​​​​
​​​​ ​​​​​ 

#⃣ #broadcastquantumfiqih
No.: GM/14/I/QUFI
Topik: 5⃣ _Tuntunan Ibadah_
Rubrik: _quantumfiqihibadah_
​​​​​​
⚠ *Shalat Rawatib Berjamaah? Ngga boleh!* ⚠
⛺ Sudah mafhum dalam sunnah Nabi, bahwa _shalat sunnah sesekali boleh dilakukan secara berjamaah_. Baik dengan niat membangkitkan semangat, membangun kecintaan terhadap shalat, mengajarkan dan mendidik, dan niat-niat baik lainnya.
 Meskipun dilakukan secara berjamaah, tidak lantas menjadikan imam dan ma'mum shalat sunnah tersebut mendapat tsawab (pahala) shalat 25 atau 27 derajat/tingkat lebih baik dari shalat sendirian. Sebab yang mendapat *nilai 25 atau 27 hanya shalat fardhu/wajib yang berjamaah*.
曆 Namun, tidak semua shalat sunnah boleh sesekali berjamaah. Ada shalat sunnah yang tidak boleh dilakukan secara berjamaah.
 وهو أَيْ التَّطَوُّعُ قِسْمَانِ قِسْمٌ تُسَنُّ له الْجَمَاعَةُ وهو أَفْضَلُ مِمَّا لَا تُسَنُّ له جَمَاعَةٌ لِتَأَكُّدِهِ بِسَنِّهَا له وَلَهُ مَرَاتِبُ أَخَذَ في بَيَانِهَا فقال وَأَفْضَلُهُ الْعِيدَانِ لِشَبَهِهِمَا الْفَرْضَ في الْجَمَاعَةِ وَتَعَيُّنِ الْوَقْتِ وَلِلْخِلَافِ في أَنَّهُمَا فَرْضَا كِفَايَةٍ …. وَقِيلَ إنَّ عَشْرَهُ أَفْضَلُ من الْعَشْرِ الْأَخِيرِ من رَمَضَانَ ثُمَّ الْكُسُوفُ لِلشَّمْسِ ثُمَّ الْخُسُوفُ لِلْقَمَرِ لِخَوْفِ فَوْتِهِمَا بِالِانْجِلَاءِ كَالْمُؤَقَّتِ بِالزَّمَانِ …ثُمَّ الِاسْتِسْقَاءُ لِتَأَكُّدِ طَلَبِ الْجَمَاعَةِ فيها ثُمَّ التَّرَاوِيحُ…. وَقِسْمٌ لَا تُسَنُّ له الْجَمَاعَةُ وهو الرَّوَاتِبُ التَّابِعَةِ لِلْفَرَائِضِ وَغَيْرِهَا كَال

ضُّحَى وَأَفْضَلُهَا الْوِتْرُ….

 Shalat sunnah terbagi atas dua macam.
1⃣ Shalat sunnah yang disunnahkan dilaksanakan secara berjamaah, shalat ini lebih utama ketimbang shalat sunnah yang tidak disunahkan dilaksanakan secara berjamaah karena kuatnya kesunnahannya dan keutamaan shalat sunnah ini terdapat tingkatan-tingkatan.
➡ Shalat dua hari raya (id fitri dan adha), shalat ini lebih utama ketimbang shalat-shalat sunnah lainnya karena menyerupainya dengan shalat wajib sebab disyariatkannya dilaksanakan secara berjamaah, ketertentuan waktunya dan karena ada pernyataan ulama yang menyatakan hukumnya fardhu kifayah.
➡ Shalat gerhana matahari kemudian gerhana bulan karena keterbatasan waktu kesunnahannya dengan ditandai pulihnya matahari atau bulan dari gerhana maka seolah seperti shalat yang dibatasi dengan waktu.
➡ Shalat Istisqa (minta hujan) ☔
➡ Shalat Tarawih
2⃣ Shalat sunah yang tidak disunnahkan dilaksanakan secara berjamaah seperti shalat rawatib (shalat sunnah yang mengikuti shalat wajib) dan shalat sunnah lainnya seperti shalat dhuha, yang paling utama dari jenis shalat sunnah ini adalah shalat witir. *[Asna Al-Mathalib I/200-201]*


 (مسألة : ب ك) : تباح الجماعة في نحو الوتر والتسبيح فلا كراهة في ذلك ولا ثواب ، نعم إن قصد تعليم المصلين وتحريضهم كان له ثواب ، وأي ثواب بالنية الحسنة ، فكما يباح الجهر في موضع الإسرار الذي هو مكروه للتعليم فأولى ما أصله الإباحة ، وكما يثاب في المباحات إذا قصد بها القربة كالتقوّي بالأكل على الطاعة ، هذا إذا لم يقترن بذلك محذور ، كنحو إيذاء أو اعتقاد العامة مشروعية الجماعة وإلا فلا ثواب بل يحرم ويمنع منها.
 Shalat Tahajjud yang dilakukan secara berjamaah hukumnya boleh tidak makruh dan tidak berpahala, tetapi kalau bertujuan memberi dorongan atau pelajaran untuk melakukannya maka berpahala yang demikian tersebut apabila jamaahnya dalam sunnah tersebut tidak timbul hal-hal yang diharamkan seperti menyakiti atau memberi kesan bahwa shalat tahajjud tersebut disyariatkan dilakukan dengan cara berjamaah maka menjadi haram hukumnya. *[Bughyah Al-Mustarsyidiin I/136]*
 Jadi, hanya sesekali lho ya, tidak boleh keseringan.
 لا تشرع صلاة الجماعة في النافلة إلا ما أذن به الشرع الحنيف كصلاة التراويح ، وصلاة الاستسقاء ونحو ذلك
 Tidaklah disyariatkan shalat sunnah dengan berjamaah kecuali yang diizinkan oleh syariat semisal shalat Tarawih dan shalat Istisqa.
 ويجوز أحيانا أداء النافلة جماعة لكن بدون قصد لذلك ولا موعد ، وإنما جاء عرضا والدليل على هذا هو عمل الصحابة رضي الله عنهم وفهمهم الصحيح للدين
 Dibolehkan namun kadang-kadang shalat sunnah dengan berjamaah dengan syarat tanpa ada unsur kesengajaan dan tidak ada janjian terlebih dahulu. Jadi hal tersebut terjadi karena kebetulan. Dalil tentang hal ini adalah praktek para sahabat dan pemahaman para sahabat yang tentu saja merupakan pemahaman yang tepat terhadap ajaran agama. *[http://www.abusaid.net/index.php/fatawi-sites/395-2010-02-25-13-32-13.html]*
 Untuk shalat dhuha, boleh juga sesekali berjamaah.
 مَا رَوَاهُ أَحْمَد مِنْ طَرِيق اَلزُّهْرِيّ عَنْ مَحْمُود بْن اَلرَّبِيع عَنْ عِتْبَان بْن مَالِك ” أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صَلَّى اَللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى فِي بَيْتِهِ سُبْحَة اَلضُّحَى فَقَامُوا وَرَاءَهُ فَصَلَّوْا بِصَلَاتِهِ ”
 Ada riwayat dari Al-Imam Ahmad dari jalur Az-Zuhri, dari Mahmud bin Ar-Rabi’, dari ‘Itban bin Malik, beliau mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu wa ‘alaihi wa sallam pernah shalat Dhuha di rumahnya, lalu para sahabat berada di belakang beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu mereka mengikuti shalat yang beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam lakukan. *[Fat-h Al-Bari 4/177]*
 Masih banyak hadits-hadits lain yang merekam bagaimana Nabi sesekali shalat tahajjud berjamaah, seperti tahajjud beliau bersama Ibnu 'Abbas, bersama Anas bin Malik dan Ibunya; Ummu Sulaim serta seorang anak yatim.
 Jadi, boleh sesekali shalat sunnah berjamaah, tapi jangan keseringan. Dan shalat sunnah rawatib sama sekali tidak ditemukan dasar boleh secara berjamaah. *Kecuali sesekali melakukan shalat rawatib dengan menjadi imam atau ma'mum bagi orang yang shalat fardhu.*

 Ditulis oleh Abinya Abizard *H. Brilly El-Rasheed, S.Pd.* bin H. Yulianto
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
 Alhamdulillah per tanggal _16 Januari 2018_, jumlah pelanggan ​​​​​​ sejumlah 2⃣0⃣7⃣ orang, dan 1⃣1⃣1⃣ grup Whatsapp dengan jumlah anggota rata-rata 1⃣8⃣0⃣. Sehingga satu  broadcast kami diterima lebih dari 2⃣0⃣0⃣0⃣0⃣ orang. Alhamdulillah.
 Layangkan pertanyaan seputar agama Islam via surel *ustadzjibril@gmail.com* dengan menyebutkan nama dan kota asal.
 Daftarkan diri mendapatkan broadcast whatsapp QUANTUMFIQIH di *+6285735908108* dengan menyebutkan nama dan kota asal.
 Pasang iklan atau cari info lembaga pendidikan Islam unggulan di *islamicboardingschool.wordpress.com* dan *infosekolahislam.wordpress.com*
 ​​​​​​ menyampaikan terimakasih atas infaq para pelanggan ​​​​​​ untuk pembelian smartphone dan software whatsapp blaster dan whatsapp bot.
 Cari penginapan (indekost) di dekat Kampus UNISDA (Universitas Darul Ulum Lamongan) hubungi *+6281232170541*
 *SBY CULLINARY COURSE* siap memberikan pelatihan keterampilan bisnis aneka kuliner. Sudah hampir 100 pelatihan diselenggarakan bekerjasama dengan kantor-kantor dinas pemerintahan. Hubungi *+6281232170541*
 Yuk gabung di grup Whatsapp Komunitas Pejuang Shalat Sunnah Sehari Semalam (KOPASSUSS) di http://bit.ly/2Dok2MI
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
*Tiga E-Paper Gratis Bulan Januari 2018*  ​​​​​​
 Unduh QUFIPAPER MOBILE: _Bahaya Bakhil, Pelit dan Kikir_ di  https://goo.gl/GS8KCo
 Unduh QUFIPAPER MOBILE: _Shalatlah Sebelum Engkau Tidak Ada Yang Mau Menshalati_ di  https://goo.gl/kTLrDC
 Unduh QUFIPAPER MOBILE: _Miliki Keyakinan Yang Kuat_ di  https://goo.gl/ytrgyi
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Tidak ada komentar:

Posting Komentar